Selasa, 06 Agustus 2019

JENIS JENIS PANTAI


JENIS JENIS PANTAI


Pantai merupakan jalur yang membatasi daratan, tempat daratan itu bertemu dengan laut atau samudera. Tepi atau bibir pantai yang mengarah ke laut merupakan bagian terendah yang jarang dilanda pasang air laut dan angin.

Terjadinya pantai diakibatkan oleh adanya beraneka batuan, angin, dan ombak yang dapat menciptakan terjadinya berbagai jenis pantai. 


JENIS JENIS PANTAI :

1. Pantai Berpasir

Pantai berpasir terbentuk di ujung semenanjung yang kemudian membentuk spit-pantai lurus atau dapat pula melengkung. bagian ujung yang satu bertemu dengan daratan, Sedangkan ujung lainnya diapit oleh laut. 
Jenis binatang dan makhluk air yang hidup di pantai berpasir antara lain adalah cacing pipih, kumbang air, ulat kutu rumput laut, dan peloncat pasir. Biasanya jenis makanan mereka diperoleh dari empasan ombak dan pasang air laut berupa rumput atau ganggang busuk yang terdampar di pantai.

2. Pantai Berlumpur

Pantai ini terbentuk dikarenakan pantai itu terlindungi dari empasan ombak dan angin. Lumpur dan tanah liatnya berasal dari lumpur dan tanah liat yang dihanyutkan sungai ke laut lalu mengendap di air tenang dan bertumpuk sebagai tepian lumpur, 
Jenis binatang dan makhluk air yang hidup di pantai berlumpur antara lain adalah cacing laut dan siput siput kecil.

3. Pantai Koral

Pantai koral terbentuk akibat aktivitas makhluk air yang melakukan penghancuran terhadap karang koral yang lama kelamaan membentuk pantai koral. Proses penghancuran itu dilakukan oleh bunga laut yang disebut polyp proses tersebut berlangsung dalam waktu yang sangat lama. Dapat pula koral terbentuk dari sisa sisa penghancuran kerangka hewan air yang jumlahnya miliaran banyaknya. Selain polyp dan cacing palolo jenis binatang lain seperti siput, lokan, serta ikan betet sangat berperan pula terhadap proses penghancuran koral. 
Jenis binatang atau makhluk air yang hidup di pantai koral antara lain adalah kepiting jenis biola, kepiting kenari, kepiting serdadu, dan kumang

4. Pantai Berbatu

Pantai berbatu berbeda dengan jenis pantai yang lain karena bebatuan merupakan bagian yang paling menonjol keberadaanya di pantai. Pada pasang kecil saat musim kemarau batu batu yang timbul di pantai menjadi panas terutama pad siang hari dan akan cepat mendingin pada malam hari. 
Jenis binatang dan tumbuhan yang hidup di pantai berbatu diantaranya adalah kepiting, udang, siput limpet, keong anjing, burung pembalik batu, bulu babi, lokan kuda, barnakel, ikan goby, siput kerak, bunga karang, plankton, rumput kelp, dan ganggang hijau

18 komentar:

  1. Makasihh infonya min,jadi pengen liburan ke pantai

    BalasHapus
  2. Bagus pantainya jadi pegen liburan 😊

    BalasHapus

Tanaman Yang Cocok Ditanam Di Daerah Pantai

Jenis tanaman yang bisa ditanam di daerah pantai adalah jenis tanaman yang memiliki ciri khusus dengan kondisi pantai yang umumnya berpas...